Rumah Modern Idaman yang Mewah Lebih Efisien

Walaupun di Indonesia memiliki peta lokasi yang sangat luas namun yang memiliki ekonomi kuat hanya beberapa persen saja, sehingga rata-rata tidak bisa membangun rumah dengan ukuran besar dan mewah bahkan cenderung ingin memiliki rumah modern idaman minimalis, walaupun kecil namun tetap terlihat modern dan mewah. Pemandangan tersebut bisa dilihat dikota-kota besar di Indonesia bahkan sekarang mulai merambah ke kota kecil kabupaten. Desain bangunan rumah di Negara tetangga memiliki perbedaan yang sangat jauh, penyebabnya tentu budaya dan gaya hidup berbeda jauh, jadi kalau membangun rumah modern terbaik dengan mengambil contoh rumah idaman diluar negeri menurut saya kurang sesuai, sebab selain gaya hidup, di Indonesia hanya memiliki dua musim dan suhu udara juga berbeda jauh.

Beberapa contoh rumah modern idaman yang ada di majalah properti Indonesia sudah cukup untuk memberikan inspirasi untuk membangun rumah idaman minimalis sesuai dengan luas tanah dengan menggunakan kode tipe rumah seperti rumah minimalis tipe 35, 45, 75 bahkan dengan ukuran di bawah angka tersebut tetap bisa dibangun rumah minimalis sederhana sesuai dengan gaya hidup serta budaya kita. Bila ingin tampil klasik maka sentuhan kedaerahan bisa di masukan pada desain rumah idaman seperti memasukan kesan pure kalau kebetulan rumah itu berada di bali serta joglo dengan berbagai macam ukiran yang menghiasi desain eksterior maupun interior rumah modern terbaik idaman keluarga.

Perkembangan dunia desain rumah di Indonesia membuat kita tidak perlu susah-susah mencari model desain rumah, sebab desainer rumah di kota kita juga telah terbiasa dengan desain rumah minimalis, mereka telah memiliki ratusan desain rumah yang bisa kita pilih sesuai dengan selera. Akan tetapi ingin memiliki desain rumah idaman minimalis biasanya keluar dari pemikiran para arsitek, beberapa desain yang ada itu hanya sebagai inspirasi desain dengan menambahkan dan mengurangi beberapa bagian yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Apabila anda terpaksa ingin membuat desain rumah tanpa menggunakan jasa, maka anda harus mendapatkan beberapa contoh desain rumah modern, yang paling mudah adalah mengambil foto desain rumah yang sudah ada mulai dari eksterior depan, belakang dan samping dan interiornya mulai ruang depan hingga ruang belakang.

Coba anda perhatikan beberapa gambar eksterior rumah minimalis sederhana ini, kalau dilihat memang rumah ini tidak terlalu besar paling tidak hanya memiliki dua kamar satu ruang tamu plus ruang keluarga dan dapur. Namun dengan penempatan warna orange pada beberapa elemen, maka rumah maka akan terlihat lebih hidup serta banyak menggunakan eleman kaca sehingga rumah akan terlihat lebih modern. Ada juga rumah dengan ukuran kecil namun bisa tampil modern dengan warna putih dan hitam coklat, namun memberikan tempat untuk taman serta menempatkan mobil samping taman, rumah ini hanya menyediakan satu pintu keluar memalui pintu depan dan hanya memasang kaca pada jendela kamar. Mungkin ini salah satu desain yang akan menjadi rumah modern idaman sederhana bagi anda yang berada dipinggir kota besar. Untuk mengatasi kekurangan ruangan pada rumah sederhana bisa diatasi dengan membangun lantai dua, dengan adanya lantai dua maka kamar tidur anak-anak bisa pindah ruang atas sehingga ruangan bawah lebih luas.


Membuat desain Rumah Idaman Lebih Efisien

Dalam membuat desain rumah idaman, hendaknya anda lebih mementingkan nilai-nilai fungsional dari setiap bagian dari rumah. Hal ini penting karena dengan begitu anda dapat memperoleh kenyamanan yang tentunya sangat anda dambakan. Dan manfaat lainnya adalah dengan menitik beratkan pada fungsi, maka akan hanya ada sedikit perabot dan dekorasi yang anda letakkan di dalam rumah. Dalam hal ini maka ruangan akan jauh lebih mudah saat dibersihkan. Selain itu interior rumah anda tidak akan terkesan kaku. Dibawah ini beberapa hal yang logis yang dapat membantu anda atau setidaknya memberi anda referensi baru dalam membuat desain rumah idaman secara efisien.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah cukup dengan membuat desain rumah idaman anda seluas yang anda butuhkan dan inginkan. Jika anda memiliki tanah yang cukup luas, hendaklah untuk membuat sebuah rumah tidak terlalu besar, yang sedang-sedang saja sudah cukup. Terutama bagi anda yang memiliki keluarga kecil, maka sebaiknya hindari membangun rumah modern yang terlalu besar. Karena selain membuang-buang biaya yang tidak perlu, nantinya akan banyak ruangan tak terpakai yang hanya akan menambah beban pekerjaan anda dalam keseharian.

Ya, tanpa kita sadari, sebenarnya banyak keuntungan yang bisa kita nikmati dari desain rumah idaman yang berukuran yang tidak terlalu luas. Manfaat secara financial yang bisa kita nikmati antara lain mulai dari biaya pembangunan yang tentunya lebih rendah, pajak tahunan yang kecil, dan lain-lain. Dalam hal efisiensi, rumah kecil memiliki tingkat efisiensi tenaga dan energi yang tentunya jauh lebih baik daripada rumah besar. Rumah yang kecil juga lebih mudah untuk merawat dan membersihkannya, lebih mudah dalam pengaturan sirkulasi udara dalam rumah, dan banyak lagi. Sehingga nantinya tercipta rumah yang segar dan fresh dan pastinya sehat.
Selain hal tersebut di bagian pertama, pertimbangkan juga saat membuat desain rumah idaman yakni untuk mengalokasikan tempat untuk kamar tidur dan kamar mandi tambahan. Kamar tidur dan kamar mandi tambahan akan berguna saat ada penambahan jumlah orang yang tinggal dirumah tersebut dikemudian hari, misal anda kedatangan tamu atau bahkan mungkin lahirnya anggota baru dalam keluarga anda.

Kedua, dalam hal merangkai desain rumah modern idaman berinvestasilah pada peralatan elektronik. Pilihlah berinvestasi pada peralatan elektronik yang mempunyai daya efisiensi yang sangat tinggi. Jika anda menggunakan barang-barang elektronik buatan Indonesia, periksalah apakah ada label sudah masuk standar Indonesia apa belum. Cek pada kolom SNI pada barang. Sedangkan jika menggunakan barang-barang yang berasal dari luar negeri bisa di cek pada label energy star jika barang tersebut resmi merupakan barang-barang impor. Contohnya, lemari es keluaran terbaru yang memiliki ukuran ramping dan kecil adalah lebih baik dalam hal efisiensi konsumsi energi listrik, dari pada lemari es terdahulu yang masih berukuran besar. Selain itu investasikan juga pada perabot atau peralatan yang terbukti irit dikelasnya, seperti lampu yang irit dan tahan lama, dan lain sebagainya. Dengan penggunaan peralatan hemat listrik, maka sedikit banyak anda akan mampu menekan pengeluaran bulanan untuk listrik. Dan juga rumah anda akan terasa aman pastinya.

Ketiga, selain memilih barang-barang yang aman dan irit, pertimbangkan juga dalam memilih bahan material yang kuat dan tahan lama. Hal ini tak lain adalah agar rumah modern terbaik yang anda miliki dapat bertahan bertahun-tahun dengan resiko perbaikan seminimal mungkin. Oleh karenanya, berinvestasilah pada bahan material yang memiliki kualitas yang baik di kelasnya. Jika anda memiliki pengetahuan yang sangat terbatas mengenai bahan-bahan bangunan tersebut, anda bisa mencoba berkonsultasi pada orang yang mengerti dibidangnya. Dahulukan mutu bahan ketimbang harga, karena jika kualitas jelek dan harganya murah, maka kemungkinan besarnya adalah dikemudian hari anda akan dipusingkan dengan pengeluaran yang jauh lebih besar untuk perbaikan. Dan belum termasuk kerugian waktu dan tenaga selama proses-proses perbaikan tersebut.
Terakhir, pertimbangkan untuk membeli bahan-bahan material lokal. Dengan pertimbangan ongkos yang murah karena tidak memerlukan jarak yang jauh dalam mengirimnya. Kemudian barang-barang local lebih mementingkan keperluan pribadi dan ciri-ciri khas suatu daerah. Demikian tips-tips membangun dan membuat desain rumah modern idaman yang mewah , silahkan lihat juga desain denah rumah minimalis modern type 36 dan Foto Rumah Minimalis Modern Sederhana 1 Lantai, Semoga bermanfaat.


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Rumah Modern Idaman yang Mewah Lebih Efisien

Posted by Princess, Published at 00.47.

Comments Facebook :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar